Monday, July 19, 2010

Berpikir Samping

Dalam posting kali ini saya ajak anda untuk merenungkan video yang bisa anda lihat di You tube. Dalam video itu kita diajak oleh Pak Tung untuk berpikir samping.



Dari video tersebut kita diajak berpikir untuk kreatif dalam melihat suatu peluang bisnis. Misal waktu jaman western dulu orang orang pada sibuk dan ikut ikutan untuk mencari emas. Maka orang yang paling untung adalah orang yang jual sekop, jual jeans dan alat alat untuk mendukung tambang emas tersebut.
Demikian pula sekarang dalam melihat trend suatu business kita tidak mesti focus pada business apa yang sedang trend. Kita juga perlu berpikir business sampingan apa yang bisa kita kembangkan untuk mendukung bisnis yang lagi populer tersebut. Seperti misalnya waktu muktamar muhammadiyah di jogja kemaren. Event utama muktamar tapi ada yang bisa dikembangkan dan bisa menjadi sumber penghasilan yang paling gampang adalah menjadi tukang ojek bagi peserta muktamar, tukang pijit, terus jualan souvenir muktamar, ataupun jualan makanan. Itu yang dimaksudkan dari video pak Tung tersebut.